Tempat Sujud 2

Tinggal di negeri tanpa masjid dan musholla memang bukan pilihan saya tapi jalan yang diberikan oleh-Nya. Hari-hari tanpa kumandang adzan dan tilawah Quran dari pengeras suara masjid adalah standar kehidupan saya di sini. Yang kemudian menjadi masalah adalah tempat kita sholat. Terkadang kita sedang berpergian dan sudah masuk waktu sholat dan tidak ada mushola disini.

Saya berkeyakinan dimana saja tanah saya injak itu milik Sang Pencipta jadi disitulah saya akan menunaikan sholat. Tidak perlu malu atau ragu. Memang agak risih bila di tempat keramaian kita sholat. Orang-orang akan memperhatikan kita dan kita sendiri yang terganggu. Oleh karena itu saya memiliki tempat favorit bila sedang berada di dalam bangunan yakni ‘tangga darurat’. Selain jarang dilewati orang, tangga darurat juga pasti dilengkapi lampu yang memadai sehingga bisa digunakan untuk sholat. Lebih lagi, biasanya tangga darurat berdekatan dengan kamar kecil sehingga memudahkan kita wudhu. Pengalaman saya sholat di tangga darurat gedung kampus, mal, bandara, dan hotel, semakin menjadikan tangga darurat sebagai musholla darurat favorit saya. Kemudian, biasanya tangga darurat tidak dilengkapi jendela sehingga perlu kita tahu orientasi arah kiblat sebelumnya. Kecuali kita membawa kompas. Saya bersyukur ponsel Android saya dilengkapi kompas sehingga tiada masalah. Bila kita di luar gedung atau ruangan rasanya tidak ada masalah untuk sholat di mana saja. Saya dan teman-teman sering sholat di taman, dan tepi sungai.

Semoga bermanfaat. Dan bersyukurlah jika masih hidup di kawasan padat musholla.

#labmeetingBerbahasaKorea

One thought on “Tempat Sujud 2

Leave a Reply

