Pengalaman Tes TOEFL IBT

UPDATE: BLOG BARU KHUSUS TENTANG TES TOEFL IBT http://testoefl.wordpress.com/

Banyak teman saya yang bertanya-tanya mengenai tes TOEFL IBT (Internet-Based Test); mulai dari cara mendaftar, perbedaan dengan jenis tes TOEFL yang lain, dan juga tips serta triknya. Oleh karena saya pernah mengikuti tes TOEFL Internasional beserta konsekuensi-tetek-bengeknya maka kiranya saya hendak membagi pengalaman pribadi saya tersebut.

Saya mengambil tes TOEFL versi Internet-Based Test (IBT) pada tanggal 28 Agustus 2010, bertempat di Bandung. Oleh karena TOEFL-IBT adalah layanan jasa dari ETS (Educational Testing Service) yang bermarkas di Amerika Serikat, maka pendaftaran bisa dilakukan via website (www.ets.org/toefl) dan pembayarannya bisa dilakukan via kartu kredit (Kini bisa dengan voucher, ada infonya di komentar sini). Biaya tesnya saat itu 165 USD (berhubung saya telat membayar yakni setelah H-5, maka didenda tambahan 35 USD). Kemudian kita diberikan jatah tujuan pengiriman hasil tes ke universitas/instansi yang dituju sebanyak 4 tempat (gratis). Jadi pastikan saat mendaftar, 4 jatah tersebut digunakan. Sayang kalau hanya 1 tujuan karena sisa jatah lain akan hangus. Hasil tes tersebut berlaku untuk 2 tahun. Ketika mendaftar, isi formulir dengan hati-hati karena kesalahan pada nama tidak akan bisa ditolerir. Saya bermasalah dengan menuliskan nama depan saya pada kolom nama tengah pada formulir, lalu sesaat sebelum tes, panitia lokal menyadari kesalahan tersebut dan membantu memperbaiki dengan memindahkan nama depan saya. Namun nasib tak bisa disapa, panitia sukses  memindahkan nama depan saya tapi juga menambahkan satu huruf sehingga akhirnya salah lagi. Fatalnya, hal ini tidak bisa diperbaiki, bahkan setelah saya telepon kantor ETS di Amerika Serikat, melobi dan mengirimkan fax KTP saya. Katanya, nama saya bisa baru diperbaiki setelah saya ikut tes lagi karena hasil tes sudah dikirim. Untungnya pihak universitas yang dituju bisa memahami hal tersebut. Lain hal dengan teman saya yang harus mengulang tes karena salah nama. Jadi cermatlah ketika mendaftar. Kalau salah ketika mendaftar (belum dibayar) lupakan akun tersebut dan buat yang baru, ini lebih aman. Saat tes, bawalah KTP atau bukti identitas saat mendaftar dan hasil cetak bukti pendaftaran. Datanglah satu jam sebelum waktu tes, agar memiliki cukup waktu untuk daftar ulang, verifikasi identitas dan foto langsung di tempat. Dan memilih tempat duduk yang nyaman mengingat durasi tes 4 jam. Jangan lupa alat tulis.

Tes TOEFL IBT ini berbeda dengan tes TOEFL versi Paper-based Test (PBT) dan juga Institutional Testing Program (ITP) atau sering dikenal TOEFL ‘prediksi’. Perbedaan mendasarnya antara lain pada struktur tesnya. Tes TOEFL IBT tersusun dari 4 sesi: membaca, mendengar, berbicara, dan menulis; sedangkan tes TOEFL PBT tersusun dari 4 sesi: mendengar, struktur, membaca, dan menulis (ITP tanpa menulis). Sesi listening TOEFL IBT bisa dikatakan cukup panjang karena materi yang diperdengarkan berupa suatu paparan kuliah, diskusi, atau percakapan yang detail (dari awal sampai akhir); berdurasi 7-10 menit. Oleh karena itu terdapat cukup waktu untuk mencatat pokok pembicaraan, memahami konteks, dan mencerna intisari dari topik tersebut. Berbeda dengan TOEFL PBT dan ITP yang memberikan sesi listening dengan percakapan singkat dan sedikit lebih panjang. Lengah sedikit, bisa kacau balau akibatnya. Bagi saya, sesi listening IBT sangat manusiawi dan menguntungkan karena saya serasa sedang berada di dalam perkuliahan dengan bahasa Inggris dan durasi waktu yang cukup untuk mencerna topik dengan baik. Kekurangannya adalah resiko tertidur akibat durasi yang panjang, setidaknya hal ini benar terjadi pada teman saya.

Lalu pada sesi speaking IBT, peserta akan diberikan beberapa pertanyaan umum (bisa mengenai hobi atau pendapat pribadi). Kemudian kita akan diberikan suatu teks akademik dan pertentangan untuk diminta suatu pendapat/ringkasan. Mungkin setiap orang akan mendapat 6 soal berbeda, namun pada prinsipnya kita diberikan ‘sedikit’ waktu (30-45 detik) untuk merancang jawaban. Bagi saya waktu tersebut sangat sempit, hanya cukup untuk membaca ulang pertanyaan dan memahaminya sekilas lalu menuliskan kata-kata kunci sampai waktu habis, biasanya tidak cukup, dan langsung berbicara dengan semaksimal mungkin sampai waktu yang diberikan juga habis (1-1,5 menit). Sebelum tes saya berlatih setiap hari dengan merekam dan mendengarkan kembali, tapi tetap saja grogi dan terbata-bata ketika tes berlangsung. Yang dinilai pada sesi ini adalah seberapa jelas jawaban kita karena yang ditanya adalah pendapat atau ringkasan. Oleh karena itu jawaban harus tegas, tepat sasaran, dan sistematis, juga disampaikan dengan artikulasi yang fasih dan intonasi yang sesuai. Walaupun sesi speaking ini tergolong sulit tapi  lebih bisa saya nikmati melalui improvisasi ketimbang sesi struktur PBT yang menuntut kejelian mencari kesalahan serta detail pada struktur dan aturan kalimat.

Pada sesi writing IBT, peserta akan diberikan soal berupa artikel akademik dan percakapan, lalu kita dimintai pendapat, perbandingan, dan kesimpulan. Kalau saya tidak salah mengingat, terdapat 3 soal menulis. Waktu yang diberikan terkesan agak panjang, namun karena tulisan yang diminta juga agak banyak, maka waktu akan habis dengan sendirinya; sekalipun sudah mengetik langsung dengan secepatnya. Oleh karena itu, sebaiknya tidak membuang waktu percuma. Lain hal pada PBT, terdapat 1 soal saja, sedangkan ITP tidak ada sesi writing-nya. Pada sesi reading saya kira tidak ada perbedaan yang mencolok selain jumlah yang lebih banyak pada TOEFL IBT.

Hasil tes akan disampaikan melalui situs pada hari ke-14 setelah tes dan hasil resmi dikirim via pos ke rumah kita dan universitas/instansi yang dituju. Waktu pengiriman akan berbeda-beda tergantung lokasi tujuan. Hasil tes saya pun tiba di rumah Jakarta pada awal Oktober (satu bulan lebih sedikit) dan tujuan yakni Korea Selatan pada 12 Oktober (1,5 bulan). Kasus saya adalah hasil tes belum tiba di tujuan ketika tenggat waktu pendaftaran S2 saya sudah habis. Panik bukan kepalang, sudah tesnya sulit, biaya cukup mahal, terancam gagal pula. Saya coba bertanya kepada panitia  lokal disini dan diminta menghubungi langsung pihak ETS di AS karena mereka tidak tahu menahu mengenai pengiriman hasil tes. Maka saya hubungi via telepon agar langsung direspon. Karena Indonesia dan AS berbeda 12 jam dan hanya bisa dihubungi pada jam kerja, maka saya menelpon pada rentang jam 21.00 – 03.00 WIB. Beruntung ternyata hasil tes saya sudah dikirim sehari sebelum pengumuman via website artinya 13 hari setelah tes. Namun mereka tidak bisa melacak sudah sampai mana dan memperkirakan kapan hasil tes akan tiba. Cerita yang saya dengar dari panitia lokal adalah adanya peserta yang mendapat hasil setelah tiga atau empat bulan kemudian oleh karena hasil tes terselip di kantor ETS, itu pun setelah si peserta menagih dengan intensif. Saran saya, sehari atau dua hari setelah hasil via situs dirilis, cobalah menghubungi ETS (nomor telepon ada di situsnya) untuk memastikan pengiriman hasil tesnya. Adapun skor total yang dihasilkan akan berbeda. karena pada TOEFL IBT setiap sesi diberikan nilai maksimum 30, sehingga skor total 120. Sedangkan pada PBT, nilai total 677. Untuk kemudahan konversi nilai IBT ke PBT, bisa melalui tabel pada tautan ini. Sebagai contoh nilai batas skor PBT yang sering digunakan adalah 550 yang setara dengan skor 79-80 skor IBT.

Demikian secara ‘singkat’ pengalaman pribadi dan saran yang bisa saya berikan. Pada prinsipnya saya lebih menyukai tes TOEFL IBT dengan sesi listening yang lebih mudah dipahami dan ketiadaan sesi struktur yang seringkali menjebak. Walaupun sesi speaking cukup mengkhawatirkan, tapi masih bisa improvisasi. Di sisi lain, perhatian yang lebih pada saat mendaftar, tes berlangsung, dan pengiriman hasil perlu disiapkan. Bagi Anda yang ingin mengambil tes TOEFL baik IBT/PBT, saya sarankan coba dulu tes ITP untuk prediksi disertai latihan rutin sendiri di rumah mengingat biaya yang lumayan menguras saku. Dan ambillah jadwal tes jauh-jauh hari sebelum tenggat waktu kebutuhan, cek lewat sini. Good luck!

169 thoughts on “Pengalaman Tes TOEFL IBT

  1. mas kasyful..
    saya ada beberapa pertanyaan mengenai tes toefl ibt..

    untuk tempat tes tofl ibt dimana ya untuk di bandung??
    terus untuk pembayaran biaya tes, apakah kita setor langsung ke ets atau lewat panitia lokal?
    terus yang dimaksud dengan panitia lokal dari tulisan di atas itu siapa ya??

    terima kasih sebelumnya :)

    • [+] Tempat test Toefl IBT di Bandung ada di beberapa tempat:
      >> untuk bulan Januari bisa lihat di sini
      >> Balai Bahasa UPI juga bisa untuk tanggal 12 dan 26 Februari 2011

      [+] Pembayaran langsung ke ETS via kartu kredit … hehehe… :D
      [+] Panitia lokal itu maksudnya penyedia lokasi tesnya…

      Terimakasih kembali,
      sukses terus…

  2. Info ini sangat membantu saya yang mulai sadar seumur-umur belum pernah ikut Toefl IBT…

    Kerasa deh credit card itu penting…*aku lagi cari orang buat ditebengi untuk bayar via cc. hiks…T___T
    doakan bisa ikut juga ya,xoxoxo

    • Coba cari tempat tes yang “pake voucher”, kayak di Vista (www.vistaeducation.com). Bisa bayar cash tuh, tapi minim seminggu sebelum hari-H. Harganya sama kok (tergantung kurs, sih).
      Bisa sekalian tanya-tanya soal pengurusan visa belajar, kuliah di luar negeri,

  3. klo mo belajar toefl ibt nya bisa darimana ya,secara ini pengalaman baru banget.
    ikut pbt aja yg dri ets baru 1x.
    nuhun sblmnya.

  4. Mau tanya kalau yg dimaksud update data dan foto sblm tes di mulai itu apa ya? apakah kita boleh mengganti foto kita dg foto yg lbh baru dan keren dg cara bw flashdisk. Kadang kala hasil foto mrk kurang bagus utk dipampang di sertifikat. makasih

    • Mas Yusuf ysh, foto yang dimaksud itu difoto langsung ditempat, kalau update data itu maksudnya kita mengecek lagi nama kita, alamat, dst. Karena mengantri jadi sebaiknya disediakan waktu lebih diawal. Semoga menjawab pertanyaannya.

      • oh ic,
        berarti hny diberi ksmptn ngecek data sj ya n kmd menggantinya dg data yg bnr. Klo foto gk bs dirubah. Sy pikir bs ganti foto dg file yg lbh bagus. Hny antisipasi sj klo fotonya kurang bagus krn diambil seadanya.
        Ok thanks n nice posting

  5. Saya masih bingung nih Mas…boleh tanya lagi?
    Saya sdh daftar online utk tes iBT nya….tdnya mau datangin ke test centre nya utk minta tolong daftar. Gak tahu knp mrk nyuruh dftr sendiri sj. Alasannya ktnya takut terlalu mepet dg jadwal tes. Agak aneh sih…..Ya sdh lah gpp, skr sdh daftar sendiri by online n masukin semua data utk iBT tesnya. Yang ingin sy tanyakan:
    1. Setelah selesai daftar n kmd bayar pakai kartu kredit, apakah ada surat konfirmasinya bahwa kita sdh selesai daftarnya?
    2. Apakah ETS akan mengirimkan admission tiketnya ke alamat kita?
    3. kalau bnr ada admission tiket, n mepet banget waktu dftrnya shg admission tiketnya belum smp ke alamat kita, kira2 alat bukti apa sj yg harus ditunjukkan ke petugas di tes centra di Jakarta saat saya mau tes? apakah hny KTP asli atau kah jg print2 an bukti pendaftaran online atau mngkn juga pas foto?
    4. Waktu mau tes itu biasanya petugas nanyain juga dg ETS ID kita (yg diperoleh saat daftaronline) ? atau kah kita hny menyebutkan ETS ID kita n kmd petugas ngeceknya sendiri?
    5. Tempat yg mnrt Mas Kasyful cukup enak utk tes di Jakarta di mana ya? t4nya gak berisik, nyaman n tenang. Juga petugasnya tidak rese….misalnya tdk bolak-balik di saat kita tes.
    Itu sj Mas pertanyaan saya. Terima kasih banget infonya yg sangat berharga bagi saya yang msh bnr2 baru dlm iBT tes ini.
    Semoga Alloh membalas kebaikan Mas Kasyful dg balasan yang berlipat. Aamin

    • Silakan Mas Yusuf,,,

      1, 2. Saya dulu konfirmasinya via website. Setelah pembayaran dilakukan, Mas ke website ETS-nya, lalu ke bagian ‘view order’, nah disitu ada pilihan ‘print registration confirmation’, nah Mas bisa print dan bawa ketika tes.
      3. KTP asli dan print registration tersebut.
      4. Dulu saya hanya serahkan print-out itu ke panitianya.
      5. Saya kurang paham kalau di Jakarta, saya pernahnya di Bandung, waktu itu saya tes di UPI, Alhamdulillah tempatnya tenang dan petugasnya baik-baik.

      Amiin…

  6. terima kasih atas jawabannya….
    maaf Mas Kasyful ada satu pertanyaan yg masih belum paham yaitu saat datang untuk tes…di tulisan Mas diata telah disampaikan bahwa akan dilakukan proses daftar ulang, verifikasi identitas dan foto di tempat. Yang ingin sy tanyakan:
    1. Apakah yg dimaksud daftar ulang? apakah ngisi n buka lagi username, passowrd di account iBT TOEFL? ataukah hanya ngisi formulir di meja panitia?
    2. Apakah yg dimaksud dg verifikasi itu nunjukin KTP sj dg bukti admission tikcet? atau kah membuka lagi account iBT TOEFl kita?
    3. Setelah foto berlangsung, yg sy ingat info dari Mas Kasyful bahwa akan dilakukan update foto ya oleh ybs….ini spt apa sbnrya teknis di lapangan?

    Makasih
    Jzk
    Hal ini un

    • 1. daftar ulang hanya menyerahkan kertas print-registration dan mengisi daftar hadir.
      2. verifikasi dengan KTP.
      3. seingat saya tidak ada update foto, nanti difoto langsung sama petugas ditempat.

      Terimakasih…
      Jazakumullah khairon katsiron….

  7. Saya mau tanya nih mas. Saya kan gak punya kartu kredit jadi cara pembayaran yang lain bagaimana ya mas? Makasih sebelumnya. :)

    • Setahu saya hanya bisa pake kartu kredit. kalau tidak punya, bisa pinjam punya siapa saja, saudara atau teman.

  8. test toefl di upi kira2 kisaran harganya berapa ya? dan seandainya skor kita kurang dr harapan, apa msh boleh mngambil test lg (dlm rntan wktu dekat) . makasih sblumny

  9. Saya baru akan mengikuti tes 11 Juni 2011 ini. Perlu diketahui oleh teman-teman semua bahwa ada cara lain untuk pembayaran TOEFL IBT selain dengan kartu kredit yaitu dengan pembelian voucher di ETS dan dibayar dengan mata uang rupiah (Rp 1.534.500,00).

    Sebenarnya mereka menyarankan untuk langsung membeli di kantor IIEF Menara Imperium Jakarta, karena saya tidak tinggal di Jakarta, saya hubungi divisi testing ETS via email kemudian mereka mengirim formulir, no. rekening dan no. fax untuk pembelian voucher tersebut. Setelah itu saya fax dalam satu dokumen berupa formulir yang sudah saya isi dan bukti transfer uang (via CIMB Niaga) ditujukan ke divisi testing ETS.

    Setelah itu saya konfirmasi ke mereka melalui email, lalu beberapa menit kemudian mereka akan mengirimkan no. kode voucher TOEFL IBT yang kemudian kita masukkan pada sesi akhir kita registrasi pendaftaran TOEFL IBT via online. Walaupun awalnya cukup rumit saya melakukan registrasi ini sendiri, tapi jika ada diantara teman-teman mengalami kesulitan pihak ETS menawarkan bantuan registrasi dalam bentuk mengirimkan petunjuk dan tahapan dalam pengisian registrasi via email, karena tetap saja yang harus mengisi kita sendiri. Semoga membantu.

    • Ysh Mas Fajar, ini penyelenggara di Medan:

      Pt. Worldstar Education Center Jl. Haji Adam Malik 76-88 MEDAN 20114
      The British Institute (Medan) Komp. Multatuli Indah Blok CC no. 53-54 MEDAN 20151
      RAZ Course Jl. Setia Budi No. 187 B Jl. Setia Budi No. 191 MEDAN 20132

      Kalau register ke http://www.ets.org/toefl lalu bisa lihat jadwal dan tempatnya sekalian.

    • Maaf baru sempat balas:

      1. Vista International Programs-West Surabaya, Plaza Graha Famili B-7 SURABAYA 60226
      2. Ignatius Layola, Jaksa Agung Suprapto 39 – 41 Kompleks SENTRA FORTUNA Kav. 12 Phone: +6231 60242000 Jawa Timur SURABAYA 60272
      3. Vista International Programs – East Surabaya, JL. Manyar Kertoarjo V / 63 (Depan Bonnet) Ph. +62-31-5981717 SURABAYA 60285
      4. Surabaya International School , CitraRaya International Village Lakarsantri Tromol Pos 2/SBDK SURABAYA 60225
      5. ALFALINK-”Mega Galaxy”, Blok 16A/10 Jl. Kertajaya Indah Timur SURABAYA 60116
      6. ALFALINK, Ruko Rich Palace, Kav R-40 Jl. Mayjen Sungkono 151 SURABAYA 60225
      7. Eltim English Language Centre, Jl. H. Misbakh No. 5 SURABAYA 60264

      Sukses ya. ^M^

      Kalau register ke http://www.ets.org/toefl lalu bisa lihat jadwal dan tempatnya sekalian.

  10. mas kasyful, thx atas infonya ya hehe.
    mas, saya sih pengennya terlebih dahulu mau ambil kursus nya, gmn ya?
    kan itu ets/ibt ga ada kursusnya tuh, nah saya semacam ingin berlatih dulu gitu.. hehe.. tapi yang bisa mengeffisiensikan biaya jg tentunya. karna tmpt kursus yg lain pasti kan menyediakan tes toefl jg yang tentunya mengeluarkan biaya.
    saran mas gmn nih hehe..

    trus satu lg, kalo mau ielts gmn mas?
    thx before.. :D

    • Maaf baru sempat membalas, :D

      1. Tidak ada salahnya ikut kursus, tapi jujur untuk IBT ini memang perlu latihan yang intensif, sehingga mungkin kursus akan membantu. Tapi, ada baiknya mengukur diri sendiri dengan menggunakan software TOEFL IBT yang ada dipasaran atau dari buku TOEFL, kalau sudah ‘dikit’ lagi dari batas aman, rasanya tak perlu kursus.

      2. IELTS saya belum pernah coba, jadi saya tidak tahu hehehe..

      Sukses ya !!

    • Ysh Mas Andrya,
      Untuk tes TOEFL ITP, pendaftarannya ke institusi penyelenggaranya langsung, biasanya tempat kursus bahasa inggris atau pusat-pusat bahasa asing di kampus menyediakan ITP.
      Perbedaannya, ITP itu kan Institusional Testing Program, jadi semacam ‘simulasi’ TOEFL dimana penyelenggara tes sudah mendapat lisensi dari ETS.
      Kalau IBT itu Internet-Based Test, jadi tes TOEFL ‘beneran’ yang tipenya menggunakan koneksi internet, langsung diselenggarakan oleh ETS.
      ETS adalah Educational Testing Service penyelenggara tes TOEFL asal Amerika Serikat.
      Semoga membantu.

  11. bisa gak bang di kasi tau alamt dan no tlpn toefl ibt di medan.
    saya sdah mangikuti persiapan slma sebulan, tpi karena org tdak cukup, maka blm menyelenggarakan test, kebetulan pusat kursus ini berada di jakarta, lecturer nya bilang bisa mengikuti test di medan ( langsung on line) ketika ada test di jakarta, betulkah itu bisa bang.

    • Mas Rida Ysh,
      Iya bisa,
      berikut penyedia test TOEFL IBT di Medan,

      The British Institute (Medan), Komp. Multatuli Indah Blok CC no. 53-54 MEDAN 20151
      Pt. Worldstar Education Center, Jl. Haji Adam Malik 76-88 MEDAN 20114
      Webmedia Training Center (ITIO16A) Komplek Setia Budi Bisnis Point Jl. Setia Budi, Blok CC No. 12 MEDAN 20120

      Selamat menempuh ujian!

  12. bang, aku kurang ngertilah bang ttg itb ini, tempatnya haruskah yg sdah di tentukan, atau bisa gak ikut test ( on line ) dari rumah, kan mau nilai tinggi, bisa di ajari gitu, sama orang yg sdah pengalaman, kan enak kayak gitu bang.

    • Saya maunya juga begitu hehe bisa dapat nilai tinggi,
      Tapi ini test sertifikasi bahasa inggris yang diakui internasional jadi ga bisa di rumah, harus ditempat yang ditentukan.
      Pun nilai yang didapat akan mencerminkan kemampuan individu kita, kalau nilai tinggi tapi sulit berkomunikasi di negara yang dituju kan akan menyulitkan kita juga. Hehe
      Salam.

  13. mau nanya bang,
    klo boleh tau metode belajar toeflnya abang gmn? Pke softwere dan buku pelatihan kah?? atau ikut kursus kah? (klo kursus, bagi saya, agak berat di ongkos), klo boleh tau dulu abang pake softwere/buku apa buat latihan?
    minta tips-tips praktis dong agar bisa mendapat skor tinggi dalam toefl?

    makasih atas infonya

    • Saya dulu pakai buku dan software Longman. Mungkin hampir semua soalnya saya sudah coba, hehehe.
      Kalau mau belajar sendiri, harus pandai mengevaluasi diri, bagian mana yang masih kurang, lalu diperbaiki, terus dan terus,
      terutama speaking, karena kita jarang menggunakan bahasa inggris dalam pembicaraan, maka seringlah bicara (sendiri) dalam bahasa Inggris.
      Kalau listening, biasanya saya menonton film asing/barat tanpa subtitle (teks penerjemah) dan berusaha sebanyak mungkin memahaminya.
      Kira-kira demikian.

  14. Halo Kasyful, ini Adhi EL’05 ITB, masih inget? hehe…rencananya September ini sy jg mau apply ke KAIST. Sy ambil tes toeflnya tgl 28 Agustus 2011, terus deadlinenya pengiriman dokumen sih tgl 30 September 2011. Kira2 ngejar g y? Nuhun.

  15. info yang sangat membantu sekali, saya sebelumnya belum pernah mengikuti test ini..yang saya mau tanyakan , dimanakah kita bisa mengetahui tempat tesnya ??? misal anda di bandung.., di webnya ets.org cuma ada info tetang jadwal nya aja, tp tempat tesnya tidak di infokan… mohon bantuannya .. ! tk

    • Terimakasih Mas Andy.

      Tempat tesnya akan muncul bila sudah register (gratis) di website ETS tersebut.
      Silakan login lalu bisa lihat waktu tes dan lokasinya.

      • apakah saat login atau sign up di ets… apa kita sudah diharuskan membayar uang register ???

      • Tidak perlu membayar.

        Setelah register/login, kita bisa lihat tanggal dan lokasi ujian. Setelah itu baru kita ‘order’ tesnya dan membayar.

        Terima kasih.

  16. mas Kasyful, kalo misalnya kita udh tes TOEFL IBT,lalu kan hasilnya dikirim langsung ke universitas tujuan,seandainya kita ga lulus gmn?brrti universitas yg bersangkutan udh tau duluan dong.bisa ga kalo kita ga usah minta ke pihak ets untuk ga kirim ke universitas yang bersangkutan scr langsung?

    • Berdasarkan http://www.ets.org/toefl/ibt/faq

      Q: Can I cancel my scores?
      A: You are given the option of canceling your scores at the end of your test session. You cannot cancel scores for individual sections of the test.

      –> Jadi bisa membatalkan score ketika ujian berakhir.

      Q: Can I reinstate my canceled scores?
      A: Yes, you can reinstate your scores if your request is received at ETS within 10 days of your test date, for a fee of US$20. Your reinstatement request must include your name, date of birth, daytime phone number, registration number and payment. You may fax or mail a written request to TOEFL Services. (See Contact Information.) Reinstated scores will be reported online approximately three weeks after receipt of your payment and will then be mailed to you and your score recipients

      –> Kalau mau tetap melanjutkan score setelah pembatalan, bisa tapi bayar :D

      Mbak/Mas Keshia, ngobrolnya disini aja yah biar teman-teman bisa baca sekalian.
      Salam

  17. saya baru mau apply mas di Ewha Womans university.bisa minta tips nya supaya keterima scholarship?hehe saya udh bikin study plan,personal introduction dan lain2 tp merasa kurang pd.mungkin mas Kasyful bisa memberikan tips2 nya.terimakasih mas :)

  18. wah di Seoul ya itu kampusnya, tersohor karena populasi mahasiswinya :p
    tips biar keterima? apa ya… coba kontak profesor deh, kalau ada profesor yang mau nampung, mungkin lebih aman jadinya. Kalau mau jurusan sains/teknik, bisa cari lab yang dituju, pelajarin lab-nya, risetnya, jurnal publikasi, terus kontak profesornya, ajak diskusi, gitu mungkin. Yang penting sih percaya diri dan jadi diri sendiri aja. hehehe. semoga keterima ya

  19. aduh mas aku ga kenal profesor siapa2nya.cara nya biar bisa kenal sama profesornya gmn mas?mas dulu kenal sm profesornya trlbh dahulu ato gmn?aku kalo dpt scholarship, tinggal di dorm nya ewha.mas jg di dormnya KAIST?

  20. mas terima kasih atas infonya. Saya sebelum tes, baca2 disini dulu. Dari pendaftaran sampai tesnya.
    Syukurlah hasil tes memuaskan, yang penting latihan
    Sebagai info, saya latihan dengan program gratis dari ets dan dari pelajaran gratisan yg ada di video youtube. Mereka ngasih tips tips apa yg harus dilakukan pada saat tes. Dan ada banyak pengajarnya.

    • maaf baru sempat balas,
      Empat tujuan itu maksudnya adalah setelah kita tes, hasil/report-nya akan dikirim langsung ke tempat tujuan (kita dapat salinannya juga). Pada umumnya, universitas yang kita tuju sudah memiliki kode angka khusus yang dapat ditemukan di bagian persyaratan bahasa Inggris. Nah, kode khusus tersebut dimasukkan ketika proses pendaftaran tes TOEFL IBT.
      semoga menjawab :)
      salam

  21. selamat malam mas kasyful, saya mau bertanya ttg tes TOEFL untuk PBT dari ETS apakah tersedia di bandung juga ya mas?. Soalnya sejauh ini saya lebih sering mendengar IBT nih.. hehe makasi sebelumnya :)

  22. Wah tips nya membantu sekali mas.. terima kasih..
    Ada yang ingin saya tanyakan juga..

    Mas menggunakan hasil TOEFL itu untuk apply di KAIST ya? Bagaimana dengan 3 free report lainnya? Apakah memang ada universitas lain yang mas apply?
    Saya sedang kebingungan, akan mengambil iBT bulan Maret awal tapi untuk satu tujuan saja, bagaimana dengan yang 3 lagi ya?

    Oia untuk lama pengiriman sampai ke KAIST itu 1.5 bulan? Lama juga ya mas. Apalagi saya baru tes awal maret. Apakah memungkinkan untuk admission April ya? Apakah apply ke KAIST bisa menggunakan hasil yang dikirim 2 minggu setelah tes lewat web itu?

    Terima kasih banyak ya mas.

    • Iya buat ke KAIST. Tiga free report yang lain tidak saya gunakan, hehehe. Saya juga bingung karena tidak ada tujuan, maka saya biarkan saja hangus.
      Kalau tes awal Maret untuk pendaftaran April, menurut saya agak riskan juga ya. Kalau bisa dipercepat, mungkin lebih baik. Setahu saya, KAIST minta report resmi langsung dari ETS-nya. KAIST juga menerima TOEIC (plus reading-listening), teman saya bilang TOEIC lebih cepat hasilnya keluar, mungkin bisa dicari tahu. :)

      Terimakasih :)

      • Numpang nnya mas ..
        misal kta klo ingin tes TOEFL th, prlu ada kursus’y apa ngg ?
        Dan misal gk da kursus lewat campus bsa gk ya ??

      • Tidak perlu harus kursus terlebih dahulu. Kalau Febri merasa masih kurang siap, bisa dibantu belajar dengan kursusnya.

    • Di Gramedia, Gunung Agung ada kok, atau di Palasari (Bandung) juga ada. Cari saja: TOEFL IBT Barron atau Longman. :)

  23. mau nanya saya sangat2 baru dalam hal ibt, dalam inggris juga pas2san. saya butuh ibt ini karena pengen apply buat beasiswa di luar. Saran dari mas Kasyful gimana apa saya ikut les apa belajar otodidak? kalau boleh tau tempat yg bagus di bandung untuk les toefl ibt selain di TBI dimana lagi?

    Terima kasih

    • Halo Mas/Mbak Ian, kalau ada dana saya sarankan ikut les, karena akan lebih terarah dan bisa dievaluasi terutama aspek ‘speaking’ dan ‘writing’-nya. Kalau otodidak, agak sulit evaluasi pada dua aspek tersebut. Plus, biasanya kalau sudah ‘bayar’ les akan lebih termotivasi belajar; kecuali punya motivasi yang teguh untuk belajar sendiri setiap hari, hehehe…

      Kalau tempat les di Bandung, saya kurang paham detilnya, setahu saya ada TBI, EF, dan LIA. :)

      Sukses ya :)

  24. mas Kasyful saya mau tanya, klo mau fax kesononya gimana yah?
    saya salah masukkin date of birthnya, saya bingung klo mau di fax no telponnya ituh ada tambahan kode areanya atau nomornya itu ajah cukup? fax lewat mana yah gampangnya multiplus bisa ga ya?

    • hmm… saya belum pernah fax kesana, tapi mungkin caranya sama seperti telepon kesana, pakai kode SLI dulu diawal, lalu kode negaranya. Kalau sudah bisa di-share disini ya hehehe…

      salam,

  25. mas kasyful tau gak nomor telepon penyelenggara di medan yang dibawah ini ?? saya mau tanya langsung ke penyelenggaranya, soalnya saya diluar kota medan, trims ya sebelumnya..
    ini penyelenggara di Medan:

    Webmedia Training Center (ITIO16A) Komplek Setia Budi Bisnis Point Jl. Setia Budi, Blok CC No. 12 MEDAN 20120

    Pt. Worldstar Education Center Jl. Haji Adam Malik 76-88 MEDAN 20114

    RAZ Course Jl. Setia Budi No. 187 B Jl. Setia Budi No. 191 MEDAN 20132

    • Semoga membantu,

      PT Worldstar Education Centre
      Jl. H Adam Malik 76/88
      Telepon : 061-6628688

      Razcourse
      Bimbingan Belajar – Kursus Komputer – Kursus Bahasa Inggris – Pusat Pelatihan IT
      Jalan Setiabudi No. 195 Medan 20132
      Telp. (061) 8223850, Faks. (061) 8219570
      Email: razcourse@shafiyyatul.com

      Webmedia Training Center
      Jl. Setia Budi, Kompleks Setiabudi Business Point, Medan, Indonesia
      +62 61 8228225

      Sukses ujiannya yah :)

      Salam.

    • Dear Anna,

      Soalnya tipikal soal TOEFL, ini contohnya: http://www.ets.org/toefl/ibt/prepare/sample_questions
      menurut saya, susah atau ngga-nya relatif. kalau sudah belajar dan berlatih akan lebih mudah ketimbang tanpa persiapan sama sekali :)
      Pelajaran bahasa Inggris yang diberikan di SMA menurut saya cukup sebagai dasarnya, hanya perlu latihan lagi saja, jadi jangan khawatir…

      salam,

  26. Becanda, bang.. :D

    Masih d korea bang? lanjut s3 g?
    Saya akhirnya perlu ibt jg ni bang buat s3.. dl g pake preparation bisa dapet 9x ya bang? hebat lah..

    makasi buat info lengkapnya ya bang.. very helpful.. as always.. :)

    Sukses terus buat kamuu..

    • Bahahaa.. kirain siapa..
      Kabar baik, Alhamdulillah hehe…
      Masih di Korea, sebentar lagi beres.
      Hmm… pengen tapi ga sekarang, dan ga di Korea jg, hehe :)
      kamu gimana kabarnya juga? anak udah berapa? udah pada gede ya? kkkk…

      sukses Toeflnya, sukses S3 nya hehe

      Salam,
      Kasyful

    • hmm… maksudnya gimana yah?
      a. kalau daftar langsung tes tidak bisa, harus daftar dulu, bayar, lalu tes.
      b. kalau daftar dan bayarnya dihari yang sama bisa.

      salam.

  27. assalam.

    saya mau tanya tentang kesempatan untuk mengirimkan hasil test ke 4 tujuan secara cuma-cuma, apakah saya bisa menyertakan universitas tujuan saya sementara saya belum melakukan registrasi ke universitas tersebut?

  28. Assalaamu’alaikum wR wB..

    Kak, tanya soal nama donk. Saya udah daftar n bayar iBT. Sebelum dftar kan bikin account, nah di account itu saya ngisi nama saya (berhubung nama saya 3 huruf) jadi:
    *first name: Dwi
    middle/initial name: Setya
    *last/family name: Wibawanti
    (* wajib diisi)
    Nama saya di account ETS : Dwi Setya Wibawanti

    Setelah bayar n dpt email “ticket confirmation”
    Nama saya yg tertulis:
    Name:Dwi Wibawanti
    -> nama tengah saya ILANG >_<
    Gimana donk kak? Aku udh coba email ets, itc, n tanya ke t4 test saya, tapi nihil. Saya test sabtu ini kaak, help mee!!! Thank you very much 4 ur help…

    • Halo Dwi,
      Kamu udah email ETS dibalasnya gimana? klo belum dibalas, coba telepon langsung ke kantornya di Amerika, bisa lebih cepat prosesnya. Dulu kasus saya mirip juga ada kesalahan nama, saya telp kantornya setelah ikut tes, hanya saja alasannya hasil tes saya sudah dikirim. Nah, kalau kamu segera telepon dan terus melobi masih ada harapan selama hasil tesnya belum dikirim (10-14 hari klo tidak salah). Toh, kesalahan bukan pada kamu tapi pada sistem ETS-nya, jadi diusahakan saja. Kalau tidak berhasil, ya pihak universitas yang dituju diberikan penjelasan saja, sepertinya mereka lebih pengertian. Dulu saya sempat melobi pihak universitas hingga saya tawarkan akun ETS dan password saya agar mereka mengecek hasil tes saya sendiri karena report asli dari ETS masih dalam pengiriman sedangkan tenggat waktu pendaftaran kuliah tinggal beberapa hari dan mereka tidak menerima scanned report yang saya kirim. Intinya, saya berjuang terus sampai detik terakhir, mencari akal segala rupa. Sukses tes TOEFL-nya yah… dan tenang aja, dibalik kesusahan pasti ada kemudahan, semangat!

      Salam,
      Kasyful

      • Assalamu’alaikum wRwB…

        Kak Kasyful…
        Aku skrg sudah ada di Aussie, sudah terdaftar sbg mahasiswa University of Melbourne. Ini semester pertamaku kak… Tiba-tiba aku inget pernah kakak bantu pas mau tes iBT. “Dibalik kesusahan pasti ada kemudahan.” Terimakasih banyak Kaaaak… Atas bantuan, semangat, dan doanyaaa ^_____^
        JaazakumuLLAH khairan katsiran kak Kasyful… May ALLAH grant u the best reward in the world and hereafter. Aamiin Yaa RABB Al’aalamiin…

        Anyway, aku mau ujian semester minggu depan kak… Doakan yaa Kaaak… :D

      • Waalaikumsalam wr wb.

        Luar biasa! Selamat atas pencapaiannya. Niat baik akan didukung semesta, mimpi terbaik akan dipeluk oleh Tuhan.

        Semoga lancar ujian dan sekolah di Aussie.
        Jangan lupa kembali untuk negeri.
        Salam!

  29. mau tanya, kalau nama kita di KTP tertera hanya 1 suku kata bagaimana di pendaftarannya? tapi untuk di paspor sudah membuat dengan nama 3 suku kata (menggunakan nama Ayah di belakang), terimakasih

    • http://www.ets.org/toefl/ibt/faq

      How should my name appear on my registration?
      The spelling of your name should match exactly the name printed on the valid ID document you will present at the testing site. If this information does not match, you will not be permitted to test, and your test fee will be forfeited.

      Semoga membantu. Kalau ingin lebih pasti silakan ditanyakan terlebih dahulu ke panitia di lokasi tesnya.
      Salam

  30. Halo Kak Kasyful,

    Aku umur 15 tahun. Kira-kira mampu gak ya mengerjakan soal TOEFL iBT? Aku sekarang ambil kursus privat buat prepare TOEFL iBT di awal bulan Februari, dan ini prepare nya juga cuma 1 bulan lebih dikit. Nilainya mau buat apply ke beberapa private schools di US, dan mereka juga mintanya minimum 79. Kalau bicara tentang English proficiency-ku, kalau speaking memang tidak se-fluent orang Amerika, tapi kata guru-guru Inggrisku aku sudah cukup. Kata mereka, aku tinggal improve academic Englishnya. Tapi aku tetap tidak yakin dengan section speaking nantinya, dan kemungkinan sama hal nya dengan yang section yang lain. Aku juga takut topic2 yang akan diberikan nanti unfamiliar dengan aku, karena setahu aku topic2 yang diberikan itu seputar science, atau hal-hal lainnya yang dipelajari saat kuliah. Bagaimana ya menurut kakak?

    Terimakasih banyak :)

    Salam,

    Natashia

    • Halo Natashia,
      Salam kenal…

      Menurut saya, kalau ukuran mampu-ga-mampu sebenarnya tergantung kesiapan dan keyakinan kamu.
      Walau persiapan hanya sebulan, tapi sebelumnya memang sudah siap dan yakin, pasti dimudahkan sama Yang Maha Kuasa :)
      Apalagi kalau kamu punya tekad yang kuat, pasti segala keraguan bisa kamu lewati.

      Masalah sesi ‘speaking’, hmm seingat saya bukan selalu tentang sains deh, topiknya bisa apa saja kok.
      Jadi kalau kamu merasa sulit memahami substansinya karena topik yang kurang familiar,
      setidaknya kamu bisa berlatih menangkap konteks persoalannya.
      Pengalaman saya, topiknya itu mirip-mirip dengan soal latihan di buku-buku tes atau software (seperti Longman),
      Saran hemat saya ya berlatih terus ‘speaking’-nya, dan jangan mudah menyerah.
      Kamu bisa rekam jawaban ‘speaking’ kamu, terus kamu bisa evaluasi sendiri atau minta guru kamu menilainya.
      Yang penting kamu terus berlatih dan mengevaluasi diri.

      Semoga membantu yah :)
      Fighting!

      -Kasyful

  31. aslkm kang, punten mo nanya, sy blm pernah ikutan tes toefl apapun, kira2 bisa nggak ya ikutan tes ini….? mhn kiat2nya dong… trus persiapan yg cukup buat ikut tes ini brp lama idealnya? perlu ikut kursus?

    • saran saya perbanyak latihan melalui buku dan software, bisa ujicoba TOEFL ITP dulu untuk penjajakan, kalau sudah bagus bisa langsung TOEFL IBT.
      lama persiapan tergantung kesiapan dan kemampuan bahasa inggris kamu, kalau 3 bulan kamu sungguh2 Insya Allah bisa.
      kalau kursus mungkin kalau ada anggaran bisa lebih baik dan terarah :)

  32. Kang Kasyful :D
    saya Sonia…
    saya masih bingung antara IBT dengan PBT… sebenernya yang paling banyak di gunakan itu yang mana? lebih baik pilih yang mana?
    Hatur Nuhun ^^

    • iya TOEFL PBT sudah ga ada, kalau tingkat kesetaraan, TOEFL ITP dengan PBT/IBT berbeda tingkat pengakuan sertifikasinya,
      ITP umumnya untuk skala kampus atau nasional masih cukup, tapi untuk skala internasional biasanya kurang diakui, tergantung kebutuhan dan syarat dari yang meminta TOEFL-nya.

      salam.

  33. Assalamualaikum Mas . .
    mau nanya nih, saya kan daftar, kebetulan nama saya 3 kata, dan saya isi nama tengah saya di middle name .
    yang jadi pertanyaan saya, apakah nama yang nantinya tercetak pada dokumen toefl-nya termasuk nama tengahnya atau hanya nama depan +nama belakang ??

    terima kasih banyak mas .

  34. Assalamualaikum Mas . .
    mau nanya nih, saya kan daftar, kebetulan nama saya 3 kata, dan saya isi nama tengah saya di middle name .
    yang jadi pertanyaan saya, apakah nama yang nantinya tercetak pada dokumen toefl-nya termasuk nama tengahnya atau hanya nama depan +nama belakang ??

    terima kasih banyak mas .

    • Hmm.. klo dulu saya salah isi first name ke middle name, lalu saya minta panitia pindahin ke first name semua. Kalau mau pasti ditanyakan ke panitia tempat testnya aja Mbak/Mas.

  35. TOEFL ITP itu lebih mahal dari TOEFL PBT ya? saya mau apply beasiswa LPDP yang deadlinenya tgl 30 april. kalo test toefl, hasilnya bisa keluar hari itu juga apa masih nunggu beberapa hari?

    • TOEFL ITP itu sifatnya Institutional, jadi tergantung institusi penyelenggaranya. Biasanya lebih murah dari TOEFL IBT (internet-based test) yang bersifat internasional, sedangkan PBT (Paper-based test) sudah dihapuskan. Nah, sekarang dikembalikan ke persyaratan pengajuan beasiswa LPDP yang Mbak Cleo ingin ajukan, apakah diperlukan sertifikasi TOEFL institusional (ITP) atau internasional (IBT). ITP biasanya lebih cepat keluar hasilnya, kalau IBT kurang lebih 10 hari baru ada hasil dan report aslinya baru bisa tiba sebulanan kemudian. Semoga bisa membantu. Salam hormat

  36. Assalamualaikum Mas,
    saya juga sudah daftar KAIST mas, kebetulan saya emang mepet TOEFLnya, 30 Maret dan mmaterial terakhir diterima tanggal 30 April. Seandainya TOEFL saya tidak sampai sebelum itu, apa hangus saja begitu??
    mohon masukannya terima kasih .

    • Halo, semoga sukses pendaftarannya.
      Coba kirim email ke panitia pendaftaran untuk memastikan pengiriman hasil test Toefl,
      sertakan juga scanned-report yang dikirim ke rumah kalau sudah ada,
      atau print-screen report yang di website, untuk menekankan kalau kamu sudah ambil test dan report dalam pengiriman.
      semoga bisa diterima oleh panitia.
      Skenario terburuk adalah memberikan username dan password akun TOEFL-IBT untuk dikroscek oleh panitia.

      Salam,

  37. halo, saya browsing menemukan website ini. sangat membantu,
    saya ingin bertanya :

    1. lembaga LIA, itu mengeluarkan sertifikasi setara dengan toefl (ept) dan itu hasilnya adalah toefl prediksi, ada beberapa perusahaan yang mencantumkan syarat toefl (bukan hasil prediksi), berarti sertifikasi LIA tidak berlaku ya?

    2. kalo yang biasa nya tanpa tulisan (bukan hasi prediksi), itu sertifikasi LIA berlaku?

    3. ini kepikiran sih, kalo misalnya ada pembagian jalur seperti ini, apakah yang sebaiknya saya pilih? tes toefl yang sebenarnya (yang dalam kurs dolar) ato ielts? karena saya lihat kalo ielts itu tanpa pembagian jalur2 seperti ini, ijazah nya cuma 1, bisa dipake semua lamaran.

    4. Untuk melancarkan tes toefl (yang sebenarnya) yang saya lakukan itu ikut les dan mencoba ukuran dengan ikut toefl prediksi ya?

    5. toefl prediksi itu seberapa akurat dibanding dengan toefl sebenarnya?

    terima kasih,
    *maaf banyak bertanya, bingung soalnya.. hehe

  38. Mas mksh byk atas pengalaman test iBT nya.
    Mas boleh tnya ttg ibt dan apply beasiswa ke korea. ^^.. diatas mas blg ada 4 kampus yg bs di ksh kirim gratis nilai iBT nya. Kira2 sy kan belom pasti mw coba kampus mana aja.nanti itu gmn mas kira2 diisi nya pas kapan kampus2 yg mau di kirim.

    Boleh sharing ttg mas dulu apply beasiswa kira2. ^^ step2 nya gmn ?
    Kalau ada waktu tlg bls ke email sy ya mas. Fitri_ms (at) hotmail (dot) com

    Terima kasih

    • Halo. Terimakasih sudah mampir.

      Tentang IBT, seingat saya 4 univ tujuan yang akan dikirimkan hasil tesnya secara gratis harus diisikan datanya hingga sehari sebelum tes. Setelah itu dikenakan biaya. Seingat saya demikian.

      Tentang beasiswa…hmm boleh nanti saya tulis artikelnya deh.hehe.
      Sukses dan salam.

  39. Mas, mau bertanya:
    1. Jadi sebelum daftar Test Toefl IBT, mending lebih dahulu registrasi di universitas luar negeri tujuan s2 kita ya? Agar pas pengiriman hasil nilai Toefl IBT-nya bisa gratis?
    2. Syarat skor Toefl ITP untuk S2 ke luar negeri biasanya kan minimal 550 (kadang ada yg 575), nah kalo Toefl IBT minimalnya (biasanya universitas di luar negeri menetapkan standar skor) berapa ya?
    Terima kasih mas :)

  40. Hi Mas Kasyful,
    Aku mau nanya, kalo aku ikut pelatihan TOEFL yang PBT (gurunya berbasis PBT) apa akan useless untukku karena nantinya aku akan ikut tes TOEFL iBT? Material IBT benar-benar beda ya dengan PBT?
    Thanks!

    • Materinya mirip-mirip. Jadi ga akan useless.
      Hanya saja PBT tidak mencakup ‘Speaking’ jadi harus berlatih serius sendiri. Dan ‘Listening’-nya lebih panjang durasinya jadi lebih manusiawi. Salam.

  41. Maaf sebelumnya mau tanya nih, kalo mau download software sama contoh soalnya secara gratis bisa?? Kalo bisa, downloadnya di mana ya??

  42. Mas, mau tanya nih.. Banyak nih.. Hehe. Kalau kita main masuk2in aja 4univ itu padahal ujung2nya kita ga jadi daftar gimana mas? Karna kan kita min.ngisinya sehari sebelum, sedangkan info tentang univ tersebut, eligible ga kita, course yang kita pilih, belum selesai dibrowse. Gimana tuh mas?

    Kalo latihan speaking gimana ya, mas? Kan kita ga tau soal2nya mas..

    Untuk beasiswa, lebih dilirik yang ujiannya langsung lewat ETS(sertifikasi ETS) ga, mas? Sama lebih dilirik mana mas, toefl/toeic? Soalnya ada tuh yang ngumpulinnya toeic tapi dapat besiswa jalur univ, padahal toeic kan buat komunikasi aja kan mas, buat sehari2?

    Kalo diitung2 toefl nepgerjainnya 1 soal harus berapa menit ya, mas?

    Makasih banyak mas sebelumnya :D

    • 1. Tidak apa-apa. Kirim saja menggunakan jatahnya.

      2. Speaking ya.. Hmm soal-soalnya seputar kegiatan akademis yang saya alami. Yang perlu dilatih itu menurut saya adalah daya respon. Karena waktunya sangat singkat untuk memahami dan menyiapkan jawaban.

      3. TOEFL dan TOEIC ya tergantung persyaratan beasiswanya. Teman sy banyak yg pakai TOEIC krn di persyaratannya memang diperbolehkan.

      4. Satu soal berapa menit? Hmm.. Ga pasti sih ya. Secepatnya aja. Kalau sulit lewati dulu nti kembali lagi.

      Semoga bermanfaat.

  43. hallo maaf, sebelumnya mau tanya. saya sudah mengambil tes toefl IBT dan hasilnya baru keluar hari ini. waktu itu hard copy hasil TOEFLnya di kirim pake jasa pengiriman apa ya di Indonesianya? terimakasih sebelumnya :)

  44. Permisi, saya mau tanya TOEFL Score Report dari ETS sampai di Indonesia waktu itu berapa lama ya?
    Saya kebetulan sedang deg – degan menunggu report yang tidak datang- datang. Saya tes tanggal 21 Desember 2013 tapi sampai saat ini belum datang. Apakah waktu itu mas mengalami hal yang serupa? Terima kasih

    • Satu bulan lebih sedikit.
      Dulu saya sempat menelepon ke ETS-nya untuk memastikan. Pernah saya baca suatu blog yang berkisah bahwa hasil tesnya terselip di ETS. Jadi saran saya kalau sudah lewat satu bulan telepon saja ETS-nya. Semoga cepat datang reportnya ya.

  45. postingannya berguna sekali :)
    sy ingin brtanya, jika wktu d registrasi kta hanya mncamtumkn 1 univ sj kmudian hsil dr test itu ingin dpakai lg utk admission univ lain apa Kta bsa mminta ets utk mngirimkannya ke univ tujuan slain yg trtera di registrasi awal?

    • Maaf baru sempat balas.

      Bisa ditambahkan sampai sebelum waktu tes, seingat saya. Kalau nanti sudah keluar hasil tes atau di kemudian hari selama masa berlaku hasilnya mau kirim lagi ke tujuan bisa bayar lagi utk biaya kirim.

    • Halo Sheiren.
      Ini nomor telponnya.

      1-609-771-7100 or 1-877-863-3546 (Monday–Friday, 8 a.m.–7:45 p.m. Eastern Time, except for U.S. holidays)

      Nanti siapkan data diri yang kamu gunakan pada akun di situs ETS termasuk tanggal dan nomor peserta soalnya akan ditanyakan untuk verifikasi.

      Semoga bermanfaat.

  46. Kalo untuk ngecek panitia lokalnya caranya gimana? Gue dari Sulawesi Tengah soalnya. Pengan ikutan, tapi gue kurang info soal panitia lokal di daerah gue. Btw, postingannya sangat membantu. :)

  47. Halo, sy ingin bertanya, sy pernah baca di blog org lain bahwa “ybs test iBT dan baru setahun setelahnya digunakan untuk (hunting) beasiswa”. Jadi kasarannya, ybs test terlebih dahulu dan baru digunakan ketika diperlukan, kemudian. tentunya dalam kurun waktu 2thn. Apakah kondisi yg demikian dimungkinan?? mengingat dalam blog mas Kasyfulfuadi, ketika melakukan test peserta diberi option untuk submit ke 4 instansi. Dalam benak sy sepertinya peserta test sudah menentukan universitas di negara tujuan. Mohon penjelasan/komentar dari mas Kasyfulfuadi.
    Sy bersyukur bisa menemukan blog yg sangat informatif seperti blog anda. Sukses selalu.

    • Terima kasih atas pertanyaannya, Mbak Nova.

      Masa berlaku hasil test Toefl iBT ini 2 tahun. Jadi 4 instansi tersebut sudah termasuk harga paket tes diawal yang 165 USD itu. Seandainya, dalam kurun waktu 2 tahun Mbak Nova ingin menggunakan hasil test tersebut lagi, Mbak tinggal minta dikirimkan report-nya ke instansi tujuan, tinggal bayar biaya tambahannya saja. Bisa dilakukan online di website ETS dengan ‘Order Score Reports’ setelah login. Contohnya http://testoefl.wordpress.com/cara/daftar/

      Semoga bisa menjawab.

  48. Mas Kaysful mw numpang tny, kl untuk tes TOEFL yang diminta pemerintah ex. CPNS, yg dibutuhkan tes TOEFL yang mana ya?IBT, PBT atau cukup IPT sj?Kira2 rentang waktunya brp lama ya?Sy butuh info lembaga yang menyediakan tes TOEFL di Surabaya utk melengkapi administrasi CPNS.. Terimakasih atas jawaban yang secepatnya..

  49. Saya pernah mencoba test ibt, sebelumnya kita diperbolehkan test drive dulu kan, tp hasil dr test drive kadang jauh dr perkiraan test yg sbnarnya. Menurut saya yg paling sulit adalah sesi readingnya, passagenya cenderung panjang dan sulit dipahami, ada tips ga mas utk mempermudah pemahaman bacaan yg panjang dlm wkt yg singkat

    • Halo Yulia, terimakasih atas sharing pengalamannya.
      Untuk reading, mungkin ada baiknya kita belajar kembali tentang pokok kalimat. Ada pokok kalimat yang terletak di awal dan di akhir, jadi kalau bisa baca dulu saja kalimat di awal dan di akhir untuk mendapatkan inti dari reading tersebut. Setelah itu bisa membaca detailnya di bagian paragraf yang lain. :) semoga membantu

      • Terima ksh sarannya mas kasyful fuadi, akan saya coba tipsnya. Dari hasil test drive awal nilai saya 76, tapi begitu test yg sebenarnya turun malah jd 68, kurang 12 angka lg. Dan nilai terendah adalah pada sesi reading, menurut mas kasyful bgmn utk mendapatkan 12 angka tsb ya? Mengingat mahalnya biaya tes, saya takut gagal lg.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s